Eight Keuntungan Melakukan Ekspor Dan Impor

Eight Keuntungan Melakukan Ekspor Dan Impor

DENPASAR – Pemerintah bisa melarang ekspor sumber daya alam dalam bentuk mentah, seiring berlakunya Undang-Undang Perindustrian yang baru. Mulai Januari 2014, pemerintah melarang ekspor mineral mentah sesuai dengan UU Mineral dan Batubara. Ke depan, larangan ekspor bisa diperluas ke komoditas lain di luar mineral.

Ekspor barang

Persaingan akan tetap ada meskipun Anda menjualnya ke negara lain, hanya saja mungkin tidak akan seketat di pasar lokal. Tidak hanya menjangkau pasar lebih luas lagi, tapi Anda juga bisa berinovasi untuk membuat produk baru. Tapi tentu saja produk yang dibuat harus sesuai dengan karakteristik market yang Anda bidik. Di sisi ekspor, turun 4,37 miliar greenback, menjadi whole 163,31 miliar greenback.

“Kami berkomitmen memperbaiki tata kelola arus barang yang masuk ke Indonesia agar kembali regular atau lebih baik dari tahun sebelumnya. Akan dipastikan 72,9 persen dari barang impor itu dapat melayani industri kita dengan baik. Jika industri siap, maka sisi konsumsi juga harus disiapkan dengan berbagai insentif, baik dalam bentuk finansial maupun kepercayaan terhadap pasar agar mau terus membeli,” jelas Mendag Lutfi. Dokumen ekspor impor merupakan hal yang tidak terlepas dari adanya kegiatan ekspor impor itu sendiri. Perlu Anda ketahui, kegiatan ekspor impor secara langsung dengan importir bukanlah hal yang mudah.

Mengapa peluang ekspor sering tidak terpikirkan dan dilewatkan oleh para pembisnis? Mungkin saja karena tidak banyak pengusaha yang tahu cara ekspor barang. Prosedur, dokumen, dan ijin yang harus dipenuhi membuat banyak orang berpikir bahwa ekspor merupakan prosedur yang sulit. Sebenarnya prosedur untuk melakukan ekspor lebih mudah dibandingkan dengan impor karena untuk mengimpor lebih banyak aturan-aturan untuk dipenuhi terutama masalah pembayaran pajak. Apabila barang ekspor terkena pajak ekspor maka pajak ekspor harus dilunasi sebelum dimasukkan ke sarana pengangkut.

Aktivitas ekspor pastinya akan memberikan dampak yang positif untuk perkembangan ekonomi pada suatu negara. Manfaat dari adanya kegiatan ekspor adalah demi membuka peluang pasar baru di luar negeri sebagai upaya menumbuhkan investasi, perluasan pasar domestik, serta meningkatkan devisa pada suatu negara. Karena saat suatu produk mampu diproduksi dengan mudah dan melimpah, maka produk dalam negeri tersebut pasti akan memiliki harga yang lebih murah. Untuk itu, negara harus melakukan ekspor ke negara lain yang lebih membutuhkan produk tersebut agar negara mampu mengendalikan harga di pasar. Seluruh barang yang hendak diekspor akan selalu mempunyai ketentuannya sendiri tergantung dari jenis barang tersebut.

Di AsiaCommerce kami juga memiliki program membership untuk kalian yang ingin mencoba bisnis ekspor impor hingga kalian yang telah terbiasa dengan ekspor impor. Program membership kami telah kami sesuaikan berdasarkan skala bisnis yang ada di Indonesia, sehingga kalian pasti akan mendapatkan banyak benefit yang menarik dengan biaya yang kompetitif. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara seperti membuat marketing group, membuat website untuk memperkenalkan perusahaan dan katalog produk anda. Bisa juga dengan memasukkan barang anda di e-commerce internasional atau yang biasa digunakan di negara tujuan anda.

Dalam Undang-Undang PPN, barang kena pajak terdiri dari barang berwujud seperti rumah, mobil, motor alat kesehatan dan seterusnya. Sementara barang tidak berwujud seperti hak cipta, hak paten, merek dagang dan seterusnya. Menyampaikan pemberitahuan pabean yang tidak benar, palsu atau dipalsukan dipidana penjara paling singkat 2 tahun paling lama eight tahun dan pidana denda paling sedikit seratus juta rupiah paling banyak lima miliar rupiah.

Padahal, permintaan pasar luar negeri akan kerajinan tangan khas Indonesia juga tidak terbilang sedikit. Alasan inilah yang membuat kerajinan tangan khas Indonesia bisa menjadi peluang bisnis ekspor barang yang sangat menjanjikan. Demikian tata cara ekspor barang ke luar negeri secara singkat yang dapat anda pelajari untuk mengetahui prosedur ekspor. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan dapat membantu anda dalam memasarkan produk anda ke luar negeri. ‎Komite Tetap Kepabeanan Kadin Wirawan Sahli mengatakan, untuk mendapatkan fasilitas tersebut, pengusaha hanya tinggal mengisi formulir yang telah disiapkan oleh Kadin.

Comments are closed.